Cara Memulai Bisnis Bakso Agar Cepat Sukses

Peluang Bisnis Sampingan

Tips ini Berlaku Untuk Usaha Bakso Bakar, Kamasan, Kaget, Malang, Solo, Goreng, Ikan, Jamur, Unik, Keju dll

Bisnis baksoBisnis bakso hingga saat ini masih banyak diminati oleh para pebisnis. Bakso merupakan salah satu kuliner yang cukup digemari kebanyakan orang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekalipun. Tak heran usaha bakso terus berkembang dari waktu ke waktu.

Peluang usaha ini sangat menjanjikan dan terbukti tahan banting dalam situasi ekonomi apapun. Lihat saja, di berbagai tempat selalu saja ada restoran maupun warung bakso baru yang bermunculan. Mengingat persaingannya sudah semakin ketat, bagi anda yang ingin terjun ke bisnis ini sebaiknya menerapkan berbagai strategi agar usaha bakso dapat bersaing, berkembang dan cepat sukses.

Menjalankan bisnis bakso sebenarnya cukup mudah karena anda tidak perlu melakukan banyak promosi. Mengapa begitu? Tentu saja, karena usaha bakso ini sudah begitu akrab di kalangan masyarakat. Anda hanya dituntut untuk terus melakukan inovasi agar usaha anda dapat bersaing dengan pemilik usaha serupa. Nah, bagaimana cara menjalankan usaha bakso agar cepat sukses? Simak tips berikut ini:

1. Tentukan lokasi usaha

Menentukan lokasi usaha merupakan poin paling penting dalam menjalankan usaha kuliner, termasuk bakso. Pilihlah tempat yang strategis yang ramai dan dilalui banyak orang, misalnya di pinggir jalan raya, dekat pusat perbelanjaan, pasar, kampus, dan sebagainya.

Selain itu, perlu diperhatikan juga mengenai kondisi lingkungannya, apakah ada tempat parkirnya atau tidak, dan pertimbangkan juga apakah tempat tersebut sesuai dengan target pasar anda.

2. Siapkan sarana

Siapkan mesin dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat bakso. Untuk menghasilkan bakso yang berkualitas tentunya dibutuhkan mesin dan peralatan yang berkualitas pula. Jika produksi bakso anda enak, tentunya konsumen akan puas dan menjadi pelanggan setia anda.

3. Pilih supplier

Supplier atau pemasok sangat dibutuhkan untuk menjalankan usaha kuliner bakso. Hal ini berkaitan dengan bahan baku yang diperlukan untuk produksi bakso. Pilihlah supplier yang menyediakan bahan baku yang berkualitas, karena secara langsung akan berpengaruh pada kualitas dan rasa bakso yang dihasilkan.

Selain itu, disarankan anda memiliki supplier lebih dari satu. Mengapa? Karena apabila salah satu supplier persediaan bahan bakunya habis, maka anda masih bisa mendapatkannya dari supplier yang lain.

4. Rekrut dan latih karyawan

Jika anda tidak bisa menjalankan usaha bakso sendiri, anda bisa merekrut karyawan yang berpotensi. Dalam menjalankan usaha ini diperlukan karyawan yang benar-benar bisa diandalkan, jadi anda tidak boleh asal pilih karyawan. Latih juga karyawan anda untuk menjual sebanyak-banyaknya, dan bukan hanya melayani pelanggan saja.

5. Strategi penjualan

Untuk menarik minat konsumen, terapkan strategi penjualan yang tepat. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan anda. Misalnya dengan menggunakan sistem paket menu sehingga harganya lebih murah, atau bisa juga dengan memberikan kartu member/diskon kepada para pelanggan setia.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil
Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.