Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat KUR Tanpa Jaminan Agunan

Peluang Bisnis Sampingan

Prosedur dan Syarat Pengajuan Pinjaman KUR Dari Bank Pemerintah BRI BNI Mandiri BCA Mualamat Nagari Bukopin

Sebagian besar orang mungkin masih belum terlalu paham tentang apa itu pengertian Kredit Usaha Rakyat atau KUR dan cara mendapatkan-nya tanpa jaminan agunan. Padahal sebenarnya di televisi pun sering muncul iklan layanan masyarakat tentang KUR.

Kredit Usaha RakyatNah, untuk itu pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang apa itu KUR dan juga bagaimana cara mendapatkannya. Sistem kredit untuk rakyat yang satu ini adalah sistem kredit yang diberikan pemerintah untuk modal kerja.

Targetnya adalah bagi para pengusaha kategori mikro, kecil, menengah, dan juga koperasi. Bahkan plafon kreditnya bisa sampai Rp 500 juta. Tujuan diadakannya sistem ini sendiri adalah supaya para pengusaha kecil bisa berkembang lebih baik lagi dan bisa lebih produktif kedepannya.

Solusi Peminjaman Modal Usaha Dari Kredit Usaha Rakyat

Bagi Anda yang ingin membuka usaha namun tidak punya modal atau kehabisan modal, saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya dengan sistem KUR ini pemerintah telah menyediakan peminjaman modal kepada usaha-usaha kecil tanpa agunan atau jaminan. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari KUR? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Sebelum Anda memberikan pengajuan peminjaman modal KUR, pastikan bahwa usaha atau bisnis yang Anda jalankan adalah usaha yang produktif. Misalnya Anda menjalankan usaha-usaha rumahan seperti pembuatan suvenir, rumah makan, katering, dan sebagainya.

2. Jangan lupa juga untuk menyiapkan segala macam dokumen yang menjadi persyaratan supaya pinjaman modal KUR bisa cair. Dokumen yang Anda butuhkan adalah KTP, KK (Kartu Keluarga), keterangan domisili, akte pendirian usaha, SIUP, TDP, laporan keuangan, proposal usaha, dan juga beberapa persyaratan lain yang diminta oleh pihak terkait.

3. Setelah semua dokumen yang menjadi persyaratan sudah Anda siapkan, datangi bank terkait yang menyalurkan KUR. Bank tersebut tentunya adalah bank-bank milik negara. Seperti BRI, BNI, BTN, Mandiri, Bukopin, dan sebagainya. Nah, di situ mintalah keterangan lebih lanjut tentang bagaimana tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan supaya mendapatkan penyaluran KUR.

4. Setelah Anda dijelaskan tentang bagaimana tahapan-tahapannya, ikuti prosedur yang diberikan dengan baik dan benar. Jangan lupa Anda ajukan juga surat permohonan untuk kredit usaha serta berbagai persyaratan berupa dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

5. Selanjutnya pihak bank terkait akan memeriksa dokumen-dokumen yang Anda berikan dan akan memperhitungkan apakah kiranya usaha Anda layak mendapat saluran KUR atau tidak. Jika usaha Anda dinilai memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, maka pengajuan kredit Anda akan diterima dan modal usaha Anda akan segera cair. Akan tetapi jika tidak diterima, mungkin Anda harus mencari ide lain supaya bisa lebih meyakinkan pihak terkait.

Dalam pelaksanaan sistem KUR ini ada beberapa pihak yang terkait di dalamnya. Ada beberapa pihak dari pemerintahan seperti BI dan Departemen Teknis. Nah, tugas pemerintah dalam sistem KUR ini adalah mendukung pelaksanaan kredit usaha tersebut.

Selain itu ada juga pihak lembaga penjaminan yang akan menyalurkan dana melalui perbankan. Sedangkan pihak ketiga adalah mereka yang menerima jaminan dan bertugas untuk menyalurkan kredit tersebut kepada pihak-pihak yang membutuhkan modal.

Belum Jelas? Lihat Video Kredit Usaha Rakyat Berikut ini

Nah, supaya Anda sukses dalam pengajuan Kredit Usaha Rakyat ini, pastikan Anda tidak mengajukan KUR di tempat lain. Bagaimana? Apakah Anda sudah punya inisiatif untuk mengajukan kredit? Jika sudah segera siapkan persayaratan yang tadi sudah kami jelaskan dan segera ajukan pinjaman modal.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

butuh modal usaha tanpa jaminan cara mendapatkan modal usaha dari kementerian koperasi dan ukm cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah cari modal usaha gratis kredit usaha rakyat bri pinjaman modal usaha dari pemerintah pinjaman modal usaha tanpa jaminan pinjaman modal usaha tanpa jaminan bank bni Tips Mendapatkan Modal Usaha dengan Sistem Kredit Tanpa Agunan

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.