Cara Mudah Memulai Bisnis Beras Murah yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Jualan Beras Murah yang Menjanjikan dan Tips Gampang Memulai-nya

Bisnis beras di tanah air seakan tidak akan ada matinya. Tentu saja, karena hingga saat ini beras masih menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Meskipun pemerintah sudah berusaha keras untuk mengajak masyarakat agar mengkonsumsi makanan pokok selain beras, tapi tetap saja mayoritas orang Indonesia merasa belum makan jika belum mengkonsumsi nasi.

Bisnis berasPermintaan beras pun tak mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Karena itulah, bisnis mendirikan kios beras bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Saat ini tidak sulit untuk menemukan kios beras, baik di kota besar maupun di pedesaan. Kios ini menjual beras dengan berbagai jenis dan kualitas. Meskipun persaingannya cukup ketat, tapi jika anda ahli dalam mengetahui segala jenis kualitas beras dan memiliki jiwa pedagang, maka tidak ada salahnya anda ikut membuka kios khusus beras.

Namun sebelum anda terjun ke bisnis ini, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut agar bisnis dapat berjalan lancar dan cepat berkembang:

  • 1. Ketahui jenis-jenis beras

Sebelum memulai bisnis beras, terlebih dahulu anda harus mengetahui aneka jenis beras. Ya, beras dapat dibedakan dari segi asal benih, kualitas, serta hasil tanakan yaitu nasi. Anda harus tahu bagaimana membedakan berbagai jenis beras, seperti Bramo, Pandan Wangi, Rojolele, IR64, dan lain-lain.

Dengan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan beras, anda tidak akan bingung ketika ada pelanggan yang bertanya tentang sifat, kelebihan, serta cara menanak beras tersebut.

  • 2. Mencari pasokan beras

Anda dapat mencari pasokan beras untuk kios anda dengan mengulak dari agen maupun distributor beras. Selain itu, jika anda menginginkan keuntungan yang lebih besar, anda bisa membeli gabah dari para petani, lalu menggiling serta mengemasnya sendiri.

Memang cara ini cukup merepotkan, terlebih jika anda tidak tahu perihal kualitas dan cara penangangannya. Tapi di sisi lain, keuntungan yang bisa anda dapatkan akan lebih besar dan anda bisa menjadi distributor beras.

  • 3. Kualitas

Pastikan anda bisa mendapatkan pasokan beras dengan kualitas yang baik. Anda harus tahu ciri-ciri beras yang berkualitas, misalnya bersih, bentuknya utuh, berwarna putih alami, bebas kutu, tidak bau apek, dan sebagainya. Semakin berkualitas, harga beras akan semakin mahal.

  • 4. Lokasi kios

Untuk menjalankan usaha kios beras, sebaiknya anda memilih lokasi yang ramai, misalnya di area sekitar pasar maupun di pemukiman padat penduduk. Akan lebih baik jika kios anda berada di pinggir jalan yang strategis sehingga pelanggan akan mudah menemukannya.

  • 5. Promosi

Untuk mempromosikan usaha anda, pasanglah spanduk dengan berbagai jenis beras yang anda jual. Pajanglah beras di kios anda dengan kemasan yang rapi dan bersih agar pelanggan tertarik untuk membeli. Layani segala pertanyaan dari pelanggan dengan baik agar mereka merasa diperhatikan.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil
Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.