Cara Sukses Mengawali Bisnis Cafe

Peluang Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Kafe dan Tips Trik Memulai-nya

Bisnis cafe saat ini sedang marak dan mudah sekali ditemukan di kota-kota besar, baik yang skala besar maupun kecil. Cafe tak hanya menjual makanan atau minuman, tapi juga menawarkan suguhan yang menarik seperti pertunjukan musik gratis, WiFi gratis, dan lain sebagainya.

Bisnis cafeTempat yang nyaman juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga tak heran anak muda masa kini sering menghabiskan waktunya untuk sekedar bersantai di cafe. Usaha ini dapat dijalankan oleh siapa saja, karena modal yang dibutuhkan relatif kecil, tentunya tergantung siapa yang menjadi target anda apakah dari kelas menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Peluang usaha cafe sangat menjanjikan dan menguntungkan. Biasanya, orang pergi ke cafe beramai-ramai sehingga penghasilan yang didapatkan bisa cukup banyak. Terlebih jika anda memiliki atau bekerja sama dengan komunitas-komunitas tertentu, maka keuntungannya bisa semakin besar.

Namun, untuk merintis usaha cafe perlu perhitungan serta perencanaan yang matang agar dapat berjalan dan bersaing dengan usaha cafe lain yang berdiri lebih dulu. Nah, apa saja yang harus diperhatikan untuk menjalankan bisnis cafe yang menguntungkan ini? Simak penjelasan berikut:

1. Pilih bahan yang harganya ekonomis

Belilah bahan-bahan untuk membuat makanan langsung dari supplier karena tentunya harganya akan lebih murah. Meskipun harganya murah, tapi anda harus memilih yang kualitasnya terjamin dan higienis. Misalnya anda bisa mengganti keju bermerk dengan keju lokal yang lebih murah tapi tetap berkualitas dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Atau daripada menggunakan ikan fillet nila yang harganya mahal, anda bisa menggantinya dengan kakap atau lainnya.

2. Sesuaikan dengan cita rasa lokal

Pastikan menu hidangan yang ada di cafe anda sesuai dengan cita rasa konsumen lokal. Misalnya jika anda menghadirkan menu makanan Jepang seperti tempura, sesuaikan rasanya dengan lidah lokal. Biasanya masakan Jepang rasanya terlalu plain karena kurang berbumbu. Anda bisa mengakalinya dengan membuatnya agar terasa lebih gurih dan agak asin seperti yang disukai orang Indonesia.

3. Menu unggulan

Anda harus membuat menu unggulan untuk cafe anda agar banyak konsumen yang tertarik untuk berkunjung. Misalnya jika cafe anda khusus menjual kopi, anda harus menonjolkan menu kopi untuk promosinya meskipun anda juga menjual burger, spaghetti, berbagai macam snack maupun aneka makanan lainnya.

4. Tambahkan menu khas lokal

Sebagai alternatif pelanggan yang gemar masakan lokal, anda bisa menambahkan beberapa menu khas Indonesia. Hal ini penting untuk menjaring lebih banyak pelanggan yang kurang suka menu makanan ala barat tapi ingin menikmati suasana malam hari di cafe. Anda bisa menyediakan menu khas yang banyak digemari seperti ayam goreng, mie goreng, nasi goreng, dan sebagainya.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil
Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.