Kiat Mudah Merintis Bisnis Barang Bekas

Peluang Bisnis Sampingan

Peluang dan Cara Mudah Memulai Usaha Barang Bekas

Bisnis barang bekas merupakan usaha modal kecil yang sangat menguntungkan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mau terjun ke bisnis ini. Alasannya karena banyak orang malu untuk mencari barang bekas untuk didaur ulang maupun dijual kembali.

Memang, kebanyakan orang menganggap barang bekas atau barang rongsokan sudah tidak ada gunanya seperti sampah. Padahal jika dikelola dengan baik, bisa menghasilkan omset cukup besar, bahkan mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan. Karena masih sedikitnya orang yang terjun ke bisnis ini, peluang usaha barang bekas masih terbuka lebar untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan melimpah.

Bisnis barang bekasSeseorang yang memiliki mental bisnis tentunya akan mampu menangkap peluang yang ada, termasuk bisnis barang bekas. Di tangan orang yang kreatif barang bekas bisa disulap menjadi barang unik yang bernilai jual tinggi.

Tentunya anda sudah banyak mendengar kisah orang sukses meraup untung hingga puluhan juta rupiah hanya dari memanfaatkan barang bekas seperti kain perca, botol bekas, pipa bekas, sedotan, dan sebagainya. Namun jika anda tidak memiliki keterampilan dalam mengubah barang bekas menjadi barang bernilai, bisnis jual beli barang bekas bisa menjadi alternatif tepat yang bisa anda pilih untuk menghasilkan keuntungan.

Nah, bagaimana cara untuk memulai bisnis jual beli barang bekas? Berikut kiat-kiat untuk merintis usaha yang menguntungkan ini dengan mudah:

1. Bisa memposisikan diri

Memang, menjalankan bisnis yang berkaitan dengan barang bekas sekilas terlihat seperti pemulung karena pekerjaannya memunguti barang-barang bekas yang kotor. Tapi jangan salah, karena dalam bisnis ini ada beberapa pilihan posisi, seperti pengepul, pencari barang bekas ke agen, pendaur ulang, dan sebagainya.

Pilihlah posisi mana yang ingin anda jalankan, sehingga anda bisa melakukan kiat selanjutnya. Untuk menjalankan bisnis jual beli barang bekas, anda cukup memasang papan di depan rumah anda dengan tulisan “terima jual beli barang bekas”.

2. Cara penerimaan barang

Dalam menjalankan bisnis ini, anda dituntut untuk mencari barang-barang bekas yang sesuai dengan permintaan dari agen pengepul maupun pendaur ulang. Selain menerima penjualan dari para pencari barang bekas maupun dari orang sekitar yang menjual barang bekas, anda juga bisa bergerak sendiri dengan melobi usaha-usaha lainnya. Misalnya saja anda bisa melobi usaha fotocopy yang biasanya memiliki sampah kertas maupun kardus bekas yang cukup bernilai.

3. Mengklasifikasikan barang yang diterima

Anda harus bisa mengklasifikasikan barang yang anda terima dari para penjual barang bekas. Misalnya anda hanya menerima jual beli barang bekas berupa plastik, kaleng, besi, atau yang lainnya. Yang paling penting dalam hal ini, anda harus tahu dulu agen-agen pengepul yang bisa menerima barang bekas yang anda dapatkan.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil
Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.