Memulai Bisnis Angkringan Nasi Kucing Modern dan Tips Sukses-nya

Peluang Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Angkringan Nasi Kucing Modern dan Cara Sukses Memulai-nya

Bisnis angkringan merupakan salah satu bisnis modal kecil yang saat ini kian diminati banyak orang di Jogja, Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandung ataupun kota besar lain. Bagi anda yang masih asing dengan istilah angkringan mungkin bisa dijelaskan dengan uraian singkat berikut. Angkringan adalah warung tenda sederhana yang menjual nasi bungkus yang disebut “nasi kucing”.

Bisnis angkringanKenapa disebut “nasi kucing”? Karena memang porsi nasinya sedikit ditambah dengan sambal dan ikan seukuran jari telunjuk saja seperti makanan kucing. Biasanya sebagai lauk-pauk tambahan juga tersedia tempe tahu goreng, ceker ayam, telur puyuh, ikan bandeng, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk menu minuman biasanya disediakan teh manis, kopi, susu, wedang jahe, dll.

Anak muda biasanya sering menghabiskan waktu senggangnya pada malam hari di angkringan. Dalam bahasa Jawa, kata “angkring” berarti duduk santai. Ya, angkringan menjadi alternatif tempat nongkrong yang banyak digemari karena harga makanannya relatif murah.

Konsep warung angkringan dulunya berasal dari Jogjakarta, lalu sekarang sudah mulai mewabah di kota-kota besar lainnya seperti di Jakarta dan sekitarnya. Peluang usaha ini sangat menjanjikan sehingga bisa menjadi pilihan bisnis modal kecil yang paling tepat untuk dijalankan.

Meskipun modalnya kecil, tapi keuntungan yang bisa anda dapatkan cukup lumayan. Nah, bagi anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis angkringan, berikut ini beberapa tips untuk memulainya:

1. Tentukan target pasar

Sebelum memulai usaha angkringan, anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu. Apakah anda membidik pasar low end, middle end, atau high end? Biasanya memang usaha angkringan ditujukan untuk pasar low end, tapi saat ini sudah banyak pebisnis yang membidik pasar middle end dan high end.

2. Tentukan lokasi

Untuk dapat sukses menjalankan usaha angkringan, tentunya anda harus memilih lokasi yang tepat dan strategis. Dengan menentukan lokasi yang strategis, tentunya akan banyak orang yang mengetahui usaha anda sehingga mendatangkan banyak pelanggan dan keuntungan yang diharapkan. Anda dapat memilih lokasi usaha di sekitar area kampus, pabrik, pasar, dan sebagainya.

3. Perhatikan infrastruktur

Infrastruktur tentunya harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah usaha, termasuk angkringan. Misalnya gerobak untuk berjualan, kursi, air, listrik, dan lain sebagainya.

4. Fasilitas pendukung

Apabila anda memiliki modal berlebih, tidak ada salahnya anda menyediakan fasilitas pendukung seperti WiFi. Dengan adanya fasilitas WiFi, tentunya akan semakin banyak orang yang menjadi pelanggan anda, mengingat saat ini internet sudah menjadi kebutuhan.

5. Pelayanan terbaik

Dengan pelayanan yang baik dan ramah, tentunya pelanggan akan merasa nyaman berada di angkringan milik anda. Mereka pun secara tidak langsung akan merekomendasikan angkringan anda pada teman-teman atau orang-orang terdekat sebagai tempat berkumpul atau nongkrong yang menyenangkan. Dengan demikian, penghasilan anda pun akan semakin meningkat.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil
Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.